Jeju Island (Hawaii of South Korea!)

Good afternoon from here!

Hai hai! 안녕하세요!

Seperti janji di post sebelumnya, kali ini aku akan membahas tentang Pulau Jeju. Yap. Pulau terluas di Korea yang menyimpan banyak pesona alam di dalamnya. Yuk mulai jalan- jalannya!

 

jeju-island-wallpaper

 

Pulau Jeju atau dalam Bahasa Korea bernama Jeju-do merupakan pulau terbesar yang ada di Korea. Pulau ini masuk dalam daftar salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi turis domestik maupun mancanegara. Pulau Jeju sendiri terletak di Selat Korea, di sebelah barat daya Provinsi Jeolla Selatan. Awalnya Pulau Jeju dan Provinsi Jeolla merupakan satu provinsi sebelum terbagi pada tahun 1946.

 

Jeju_Map

Suhu di Pulau Jeju bervariasi, dari tropis sampai ke sub tropis. Cuaca di Pulau Jeju selalu hangat sepanjang tahun, bahkan jika musim dingin datang, jarang turun salju. Dari suhu yang bervariasi dan baik inilah keanekaragaman flora di Pulau Jeju lebih banyak daripada Semenanjung Korea itu sendiri. Kira- kira ada 1.700 jenis tanaman! Wah banyak sekali bukan? Maka dari itu Pulau Jeju juga mendapat julukan “Pulau Botani” karena keanekaragaman floranya yang melimpah.

JEJU-ISLAND21

Penduduk Pulau Jeju sendiri terkenal dengan sifatnya yang pekerja keras. Bagaimana tidak? Pekerjaan yang mereka lakukan pun bukan pekerjaan yang mudah layaknya pekerja kantoran biasa. Mereka melakukan pekerjaan yang sulit, seperti mencari abalone dan kerang dengan cara menyelam ke dasar laut, bertani, beternak, membangun pelabuhan, bahkan membangun kapal! Sifat mereka yang ingin bekerja keras ini bukan tanpa sebab. Ini karena mereka belajar dari sejarah, tepatnya pada saat periode Perang Korea (1950-1953) dimana terjadi pembantaian missal pada warga Jeju karena dianggap sebagai sarang pemberontak/ komunis. Rupanya tidak karena itu saja, melainkan faktor alam pun juga memengaruhi terbentuknya sifat mereka yang pekerja keras itu. Yaitu bencana alam kelaparan dan angin topan selalu membayangi mereka, sehingga tidak jarang sering terjadi gagal panen dan mengalami kelaparan.

Dari situlah mereka menyadari bahwa kehidupan itu sulit. Mereka berusaha, bekerja keras agar tidak mau kalah dengan kehidupan. Mereka juga memiliki “pemikiran” sendiri tentang kehidupan, yaitu:

“Kebahagiaan itu kecil seperti butir pasir, sedangkan kesedihan itu besar seperti batu karang”

legend_09

Wah, salut untuk warga Pulau Jeju! Bisa dibilang keindahan Pulau Jeju “setara, impas, sama” dengan karakteristik penduduknya yang pekerja keras.

 

Saking indahnya, Pulau Jeju bisa dibilang “Hawai” nya Korea. Sehingga tidak heran Pulau Jeju pantas masuk ke dalam daftar tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Jadi bagi kalian yang tinggal di Asia tidak perlu jauh- jauh ke Hawai kalau sudah ada Pulau Jeju disini hihi.

Adapun beberapa tempat di Pulau Jeju yang menjadi destinasi para wisatawan untuk menghabiskan liburannya, antara lain:

  1. Cheonjiyeon Waterfall

cheonji

Air terjun Cheonjiyeon ini merupakan salah satu air terjun tercantik di Pulau Jeju. Memiliki ketinggian 22 meter dan di bagian bawah air terjun dibuat kolam artifisial, tempat untuk habitat “mutae”. Mutae adalah Belut Korea yang warna nya menyerupai warna marmer.

Disarankan untuk mengunjungi air terjun ini pada malam hari. Karena akan banyak lampu warna- warni yang menyala di sekitar air terjun, menambah suasana romantis. Cocok sambil bawa pasangan!

Adapun air terjun ini berkaitan dengan legenda tujuh bidadari yang konon akan turun pada malam hari dan mandi di air terjun ini. Air terjun ini juga mendapat julukan “God’s Pond” untuk keindahannya.

 

  1. Cheonjeyeon Waterfall

SONY DSC

Nama Cheonjeyeon sendiri memiliki arti “The Pond of Emperor Heaven”. Ini berkaitan dengan legenda bagaimana tujuh bidadari bermain di sekitar air terjun sambil menjaga Sang Raja setiap malam.

Air terjun ini memiliki tiga bagian. Pada bagian timur terdapat gua yang mengalirkan air sehingga membentuk air terjun. Kemudian air tadi berlanjut mengalir ke air erjun yang kedua dan ketiga, sehingga terbentuklah tiga bagian air terjun berderet yang langsung terjun ke air laut.

 

  1. Jeongbang Waterfall

waterfall

Jeongbang Waterfall adalah satu satunya air terjun yang langsung airnya langsung terjun ke laut. Letak air terjun ini adalah di jurang dekat dengan laut. Menurut legenda, menytakan bahwa naga suci hidup di bawah air terjun ini. Sehingga air terjun ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Serta terdapat air terjun kecil yang berada di dekatnya, diumpamakan seperti seorang hamba yang dengan menunggu tuannya.

 

  1. Hallasan ( Halla)

Gunung Halla merupakan ikon dari Pulau Jeju. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Korea sekaligus menjadi puncak tertinggi Korea. Gunung Halla juga disebut dengan Gunung Yeongjusan, yang berarti “Gunung yang sangat tinggi dan dapat menarik galaksi”. Selain dijadikan sebagai tempat wisata, pada tahun 1970 Gunung Halla dijadikan tempat penelitian oleh para peneliti sekaligus dijadikan sebagai taman nasional.

408_598_222

 

  1. Yeomiji Botanical Garden

Kebun botani ini terletak di Resort Jungmun, yang merupakan slaah satu kebun botani terbaik di Asia, dengan meyuguhkan suasana khas dari daerah selatan. Terdapat sekitar 2.000 jenis tanaman tropis maupun subtropis yang dibudidayakan disini! Wah kebayang kan bagaimana indahnya? Dari sini kita juga bisa melihat keindahan Gunung Halla dengan jelas. Jadi, tidak akan sia- sia dan menyesal deh kalau berkunjung kesini!

1207553_image2_14032801-Yeomiji-Botanical-Garden-0

 

  1. Oedolgae Rock

Oedolgae Rock

Oedolgae Rock merupakan batu karang yang memiliki tinggi 20m yang berada di kota Seougwipo, yang juga dikenal dengan “Changgun Rock”. Oedolgae Rock dikelilingi oleh pulau-pulau indah seperti Bum Island, Sae Island dan Seonnyu Rock. Oedolgae Rock merupakan lokasi syuting drama seri korea terkenal “Daejangguem”. Pasti bagi para pecinta drakor tahu kan tentang drama ini?

Ada beberapa legenda yang berkaitan dengan Oedolgae Rock ini. Salah satuny adalah tentang seorang wanita yang memutuskan untuk bunuh diri dengan terjun dari atas batu karang ini. Ia sudah putus asa dikarenakan tubuh suaminya yang ditemukan terdampar di sudut pantai sudah tidak bernyawa. Maka dari itu ia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Itulah mengapa Oedolgae Rock ini juga mendapat sebutan “Lonely Rock” yang mengumpamakan tubuh wanita yang sedang menunggu suaminya, sedangkan dasar batu, simbol dari tubuh suaminya.

 

  1. Jeju Bunjae Artpia

Tempat ini merupakan sebuah taman yang berisi bonsai khas Korea yang dibuka pada Juli 1992. Terletak di desa Jeoji, Hangyeong, Jeju Utara, taman ini memiliki pohon-pohon yang sudah berumur 30-300 tahun! Kebayang kan banyaknya? Jangan heran kalau kebanyakan tempat wisata di Pulau Jeju ini banyak tanamannya. Ini karena memang Pulau Jeju memiliki keanekaragman flora yang melimpah.

 

  1. Hallim Park

1618482_image2_1Jeju 08-2012 1900x1200-143-f

Taman ini terletak 33 km sebelah barat Kota Jeju. Taman ini akan memanjakan mata para pengunjung dengan berbagai tanaman yang dimilikinya. Disini juga terkenal akan Gua Sanggyonggul nya yang terkenal dengan gua dua dimensi.

 

  1. Yongduam Rock (Dragon Head Rock)

dragon-head-rock-jeju-s-korea-yongduam-at-sunset

Yongduam Rock merupakan batu karang yang berbentuk kepala naga yang terletak di sebelah utara Kota Jeju. Dari Yongduam Rock para wisatawan dapat melihat Haenyo yang merupakan penyelam perempuan yang bekerja sebagai penangkap seafood. Yongduam merupakan tempat yang sangat populer bagi para pasangan karena terdapat kafe dan restoran seafood yang membentuk desa kafe yang sangat menyenangkan.

IMG_1578

jeju-island-woman-divers-4
Haenyo jjang!
  1. Seongeup Folk Village

8102842976_8ebb4668db

Seongeup Folk Village terletak di sebelah barat Seongsan dibagian timur Jeju. Seongeup Folk Village merupakan desa tradisional bagi penduduk asli Pulau Jeju yang masih mempertahankan gaya hidup khas rakyat jeju dan masih didiami oleh penduduk Pulau Jeju.

 

 

Seru bukan?

Ternyata Pulau Jeju memiliki pesona alam yang bakal mengundang decak kagum para pengunjung. Untuk pasangan, ini bisa jadi salah satu destinasi untuk perjalanan romantis kalian hihi.

Jadi, tunggu apalagi? Masukkan Pulau Jeju sebagai salah satu objek tempat wisata kalian!

 

Sampai berjumpa lagi di postingan selanjutnya! Bye- bye!

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s